A. Skala Likert
Deskripsi : Metode Presentasi Kelompok dalam Pembelajaran.
1.
Siswa lebih mudah memahami materi jika
menggunakan metode presentasi kelompok.
a.
Sangat benar
b.
Benar
c.
Netral
d.
Tidak benar
e.
Sangat tidak benar
2.
Metode presentasi kelompok lebih menarik
daripada penjelasan dari dosen.
a.
Sangat benar
b.
Benar
c.
Netral
d.
Tidak benar
e.
Sangat tidak benar
3.
Wawasan siswa akan lebih bertambah dengan
pembelajaran menggunakan metode presentasi .
a.
Sangat benar
b.
Benar
c.
Netral
d.
Tidak benar
e.
Sangat tidak benar
4.
Waktu yang digunakan dalam presentasi kelompok
akan lebih efektif.
a.
Sangat benar
b.
Benar
c.
Netral
d.
Tidak benar
e.
Sangat tidak benar
5.
Motivasi belajar siswa lebih baik pada
pembelajaran menggunakan metode presentasi kelompok.
a.
Sangat benar
b.
Benar
c.
Netral
d.
Tidak benar
e.
Sangat tidak benar
6.
Siswa akan lebih aktif dengan pembelajaran
menggunakan metode presentasi kelompok.
a.
Sangat benar
b.
Benar
c.
Netral
d.
Tidak benar
e.
Sangat tidak benar
7.
Siswa akan merasa bosan dengan metode
pembelajaran presentasi kelompok.
a.
Sangat benar
b.
Benar
c.
Netral
d.
Tidak benar
e.
Sangat tidak benar
8.
Metode presentasi kelompok akan membuat siswa
bingung terhadap materi yang diberikan.
a.
Sangat benar
b.
Benar
c.
Netral
d.
Tidak benar
e.
Sangat tidak benar
9.
Metode presentasi kelompok akan membuat siswa
bersemangat belajar
a.
Sangat benar
b.
Benar
c.
Netral
d.
Tidak benar
e.
Sangat tidak benar
10.
Metode presentasi kelompok akan lebih membuat
daya ingat siswa lebih kuat.
a.
Sangat benar
b.
Benar
c.
Netral
d.
Tidak benar
e.
Sangat tidak benar
B. Skala thurstone
Deskripsi : aktivitas mahasiswa saat hendak menghadapi
ujian.
Pilih 5 pernyataan dari 10 pernyataan yang paling cocok
dengan aktivitas anda saat hendak menghadapi ujian, dengan memberi tanda
centang (Ö) di
depan nomor pernyataan.
1.
(....) Mengulur waktu belajar hingga sehari
sebelum ujian.
2.
(....) Belajar jauh hari sebelum ujian hingga
hari ujian.
3.
(....) Belajar jauh hari sebelum ujian hingga
dua hari sebelum ujian.
4.
(....) Membuat contekan atau catatan kecil yang
akan dibawa saat ujian.
5.
(....) Melakukan belajar kelompok untuk
berdiskusi sebelum ujian.
6.
(....) Menggunakan sistem kebut semalam.
7.
(....) Melakukan konsultasi dengan dosen
mengenai materi yang belum dimengerti
sebelum ujian.
8.
(....) Tidak belajar sama sekali.
9.
(....) Belajar dengan memahami materi.
10.
(....) Belajar dengan menghafal semua materi
C. Skala Guttman
Deskripsi : kegiatan mahasiswa saat sedang libur semester.
|
No
|
pernyataan
|
yakin
|
Tidak yakin
|
|
1
|
Saya akan mengambil semester
pendek.
|
|
|
|
2
|
Saya akan berliburan dengan keluarga ke luar kota
|
|
|
|
3
|
Saya akan duduk dirumah saja.
|
|
|
|
4
|
Untuk memperdalam pemahaman, saya akan mempelajari apa yang sudah
saya pelajari.
|
|
|
|
5
|
Saya akan pergi refreshing.
|
|
|
|
6
|
Saya akan membantu orang tua di rumah.
|
|
|
|
7
|
Tiduran adalah yang akan saya lakukan selama liburan.
|
|
|
|
8
|
Berpetualang adalah hal yang bagus dilakukan saat liburan.
|
|
|
|
9
|
Belajar mempersiapkan diri untuk semester yang akan datang adalah hal
yang akan saya lakukan saat liburan.
|
|
|
|
10
|
Selama liburan, saya melakukan bakti sosial dengan teman-teman.
|
|
|
D. Skala Differensial Semantik
Deskripsi : gaya mengajar dosen matematika.
|
No
|
Pernyataan
|
Kategori
|
Pernyataan
|
||||
|
1
|
Dosen mmatematika mengajar dengan lambat
|
2
|
1
|
0
|
1
|
2
|
Dosen matematika mengajar dengan cepat.
|
|
2
|
Dosen matematika sering memarahi siswa saat mengajar
|
2
|
1
|
0
|
1
|
2
|
Dosen matematika tidak pernah memarahi siswa saat mengajar.
|
|
3
|
Saat mengajar, dosen matematika sering membelakangi mahasiswa
|
2
|
1
|
0
|
1
|
2
|
Saat mengajar, dosen matematika tidak membelakangi mahasiswa.
|
|
4
|
Saat mengajar, dosen matematika sering menyuruh muridnya majau
kedepan menyelesaikan soal
|
2
|
1
|
0
|
1
|
2
|
Saat mengajar, dosen matematika tidak menyuruh muridnya majau kedepan
menyelesaikan soal.
|
|
5
|
Cara mengajar dosen matematika membuat siswa mudah memahami materi
|
2
|
1
|
0
|
1
|
2
|
Cara mengajar dosen matematika membuat siswa sulit memahami materi.
|
|
6
|
Banyak stategi belajar yang digunakan oleh dosen matematika saat
mengajar
|
2
|
1
|
0
|
1
|
2
|
Hanya satu stategi belajar yang digunakan oleh dosen matematika saat
mengajar.
|
|
7
|
Metode belajar yang digunakan oleh dosen matematika sangat membosankan.
|
2
|
1
|
0
|
1
|
2
|
Metode belajar yang digunakan oleh dosen matematika sangat menarik.
|
|
8
|
Dosen matematika hanya duduk saja saat menjelaskan materi
|
2
|
1
|
0
|
1
|
2
|
Dosen matematika berdiri dengan baik saat menjelaskan materi.
|
|
9
|
Dosen matematika menggunakan alat peraga untuk mengajar
|
2
|
1
|
0
|
1
|
2
|
Dosen matematika tidak menggunakan alat peraga saat mengajar.
|
|
10
|
Dosen matematika menjelaskan materi dengan kontinue
|
2
|
1
|
0
|
1
|
2
|
Dosen matematika menjelaskan materi tidak beraturan
|
E. Rating Scale
Deskripsi : kesiapan mahasiswa Pendidikan Matematika
Universitas Syiah Kuala dalam proses pembelajaran.
·
5 jika kesiapan yang diberikan sangat tinggi
·
4 jika kesiapan yang diberikan tinggi
·
3 jika kesiapan yang diberikan cukup
·
2 jika kesiapan yang diberikan tidak tinggi
·
1 jika kesiapan yang diberikan sangat tidak
tinggi
|
No
|
Pernyataan
|
Skor
|
||||
|
1
|
Kesiapan menerima matakuliah
|
5
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
2
|
Keteraturan dan ketertiban dalam perkuliahan
|
5
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
3
|
Kemampuan menghidupkan suasana kelas
|
5
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
4
|
Datang sebelum dosen masuk
|
5
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
5
|
Menyiapkan buku-buku yang diperlukan
|
5
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
6
|
Belajar sebelum kelas dimulai
|
5
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
7
|
Mempersiapkan alat tulis yang dibutuhkan
|
5
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
8
|
Mencari bahan yang akan dipelajari
|
5
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
9
|
Aktif dalam proses pembelajaran
|
5
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
10
|
Fokus mendengar dan mempelajari materi
|
5
|
4
|
3
|
2
|
1
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar